Jumat, 26 Februari 2010

Dialog Air


Dialog Air
 Temen-temen LA,..
Tadi pagi mulai pukul 7.30 wib sampai dengan pukul 08.00 wib, untuk kesekian kalinya LA kembali diundang RRI Regional Tanjungpinang sebagai narasumber dialog interaktif. Bertempat di Studio RRI Regional Tanjungpinang, Jalan Ahmad Yani No 2 Tanjungpinang, kali ini LA bersama Direktur PDAM Tirta Kepri bapak Ir. Abdul Kholik F, MM yang baru saja dilantik Gubernur Kepri pada hari Jumat (19/2). Beliau terpilih sebagai Direktur PDAM Tirta Kepri melalui hasil Fit and Proper Test oleh Tim UI dan Tim Independen yang dibentuk Gubernur Kepri.
Tema yang diangkat moderator RRI Dewi Santika adalah ”Terobosan Direksi PDAM Tirta Kepri Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Air Minum kepada Masyarakat Tanjungpinang dan Bintan”.
Pada kesempatan itu Abdul Kholik memaparkan secara gamplang terobosan yang segera Ia lakukan untuk meningkatkan pelayanan air minum di Ibukota Provinsi dan Bintan, antara lain akan berupaya menekan tingkat kebocoran air yang sangat tinggi yaitu sekitar 50 persen. Ia menjelaskan akan mulai bekerja dengan mempelajari hasil audit BPK yang berjumlah 22 temuan. Saat ini Ia mengatakan sedang melakukan peninjauan ke lapangan, menjajaki sistem produksi, distribusi dan memantau kebocoran dan menggelar rapat dengan bawahannya di kantor. Abdul Kholik menjawab berbagai pertanyaan dari 5 (lima) orang dalam dialog yang berdurasi 30 menit itu.

Di tempat yang sama, LA lebih menekankan upaya pemulihan keuangan PDAM Titra Kepri melalui program restrukturisasi utang PDAM lewat Kementerian Keuangan dan Penyesuaian Tarif Air agar PDAM Tirta Kepri dapat keluar dari persoalan kesulitan keuangan sehingga tingkat kebocoran dapat ditekan. Disamping itu juga LA menyoroti Sumber Air Baku PDAM antara lain Waduk Sei Pulai, Kolong Enam Kijang dan Sungai Jago Tanjung Uban yang perlu segera dinormalisasi mengingat debit airnya semakin mengalami penurunan dan keberadaannya sudah sangat memperihatinkan. Sementara laju pertumbuhan penduduk di Pulau Bintan tidak dapat ditahan.
Dialog interaktif kali ini merupakan yang kedua kalinya di ikuti LA di awal tahun 2010. Sebelumnya pada bulan Januari lalu juga hadir di studio RRI mengupas masalah Kenduri Air dan Laskar Air serta Kebakaran Hutang Lindung Sungai Pulai.
KEGIATAN DIALOG INTERAKTIF
LASKAR AIR 2006 – 2010
NO
NARASUMBER LAIN
JABATAN
WAKTU

1.
Ir. Karya Hermawan
Kepala BLH Kab. Bintan
22 Maret 2006

2.
Yudi Carsana
Ketua Pansus PDAM
Tdk ingat

3.
Lis Darmasyah
Anggota DPRD Kepri
Sda

4.
DR. Harry Azis
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI
April 2009

5.
Zulhidayat, S.Hut
Kepala Seksi KPPHE
Mei 2009

6.
DR. Noraida Mokhsen
Ir. Dadan
Drs. Rahminudin
Asisten Ekabang Prov Kepri
Kabid SDA PU Prov Kepri
Kabiro Administrasi Ekonomi
Jun 2009

7.
Sulimin
Kepala BMG Tanjungpinang
Juli 2009

8.
Drs. Andi Nugroho
Dwi Purbo
Pjs. Direktur PDAM Tirta Kepri
Kasi Distribusi PDAM Tirta Kepri
Juli 2009

9.
Ir. Rahmat Karnadi, MM
Ketua BPP SPAM Jakarta


10.
Hj. R. Syahniar Usman
Ketua Umum LSM ALIM
9 Jan 2010

11.
dr. Kartini
Zulhidayat, S.Hut
Andi Anhar Chalid
Kepala Dinas Hutbun Kab. Bintan
Kasi Kehutanan KPPHE Tpi
KETUA Dewan Pengawas PDAM
12 Jan 2010

12.
Ir. Abdul Kholik F, MM
Direktur PDAM Tirta Kepri
24 Feb 2010

             Sumber : Data olahan LSM ALIM 2010

2 komentar:

  1. Selamat ya LA. Kamu baik sekali dan terus beraktifitas buat kepentingan orang banyak. Pokoknya Gue Suport habis dech.....

    BalasHapus