Senin, 22 Februari 2010

Selamatkan air permukaan waduk sungai pulai. DARI SEKARANG JUGA !


Photo Waduk Seipulai diambil pada tanggal 12 Mei 2009.
     Kondisi Waduk Sungai Pulai mengalami penurunan debit air sekitar 4.5 meter dari mistar pengukur milik PDAM Tirta Kepri.
   Peristiwa menyusutnya air permukaan  waduk Sungai Pulai itu merupakan peristiwa terburuk sepanjang dioperasikannya Waduk tersebut sebagai sumber air baku PDAM (12 Mei 1971).
Menyusutnya air permukaan Waduk Sungai Pulai itu terjadi karena curah hujan relatif kecil, daerah tangkapan air (cathment area) tidak berfungsi maksimal dan terjadinya peningkatan penggunaan air oeh PDAM serta sedimentasi di bibir waduk.
Waduk Sungai Pulai harus tetap dijaga dan dipelihara karena hingga saat ini PDAM Tirta Kepri masih menggantungkan pasokan airnya melalui waduk ini dan merupakan satu-satunya air baku untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Kota Tanjungpinang.
       Disamping itu memerlukan pengamanan yang terpadu dari berbagai kepentingan pihak-pihak yang belum mengerti dan tidak bertanggungjawab terhadap kwantitas dan kwalitas air bagi menopang kebutuhan dasar hidup masyarakat Tanjungpinang dalam segala bidang. Semoga semua pihak mau ambil peduli dan melakukan aksi tindaknyata untuk bersama-sama melakukan konservasi, penanggulangan kerusakan dan pendayaagunaan Sumber Daya Air secara terintegrasi. Pemerintah Provinsi dan semua pihak harus secara bersama-sama menyelamatkan air baku ini. DARI SEKARANG ! JANGAN BIARKAN. OKE.........!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar